jump to navigation

Peluang Usaha : Bisnis Sewa Mobil May 12, 2012

Posted by whotnu in Bisnis.
Tags: , , , ,
trackback

Kali ini saya akan sedikit bercerita soal peluang usaha yang cukup menjanjikan yaitu Bisnis Sewa Mobil. Saat kebutuhan mobil sebagai alat transportasi cukup penting tetapi tidak semua orang bisa membeli atau memiliki mobil dengan beberapa alasan. Mereka kadang lebih memilih menyewa mobil karena praktis, ekonomis dan mudah apalagi jika kebutuhan akan mobil tidak rutin sehari-hari walaupun tidak menutup kemungkinan ada beberapa perusahaan / instansi yang lebih memilih jasa rental mobil karena kepentingan keuangan perusahaan.

Biasanya bisnis sewa mobil dihitung biaya sewa secara harian, mingguan atau bulanan sesuai kesepakatan bersama dan aturan yang bisa anda tetapkan sendiri untuk bisnis anda. Sewa harian dihitung per 6 jam, 8 jam, 12 jam, atau hingga 24 jam dengan biaya yang berbeda – beda belum termasuk biaya BBM dan biaya sopir.
Harga rental mobil di pasaran umum yang berlaku adalah Rp 300 ribu jika tanpa sopir atau Rp 400 dengan sopir per hari. Bisnis sewa mobil akan mengalami musim panen saat tiba musim kawin atau liburan sekolah karena permintaan yang tinggi sehingga terkadang beberapa rental mobil kekurangan stok mobil sewa.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan jika anda ingin memulai bisnis sewa mobil adalah :

Keamanan Mobil

Pertama, Sebaiknya mobil sewa memiliki asuransi all risk, sehingga segala resiko yang mungkin terjadi akan menjadi tanggungan pihak asuransi. Asuransi mobil memang memerlukan biaya tambahan tetapi aset berharga Anda bisa aman atas resiko yang mungkin terjadi.

Kedua, Pasang GPS pada mobil sewa sehingga anda bisa memantau pergerakan mobil anda kemanapun mobil anda dibawa pergi. Beberapa GPS memiliki fitur record log untuk mencatat semua perjalanan mulai dari rute, waktu, dan sebagainya. Harga alat GPS di pasaran sekitar Rp. 2 – 4 juta.

Ketiga, Jangan memberikan sewa perorangan untuk jangka waktu lama. Banyak kasus kriminal yang terjadi yaitu mobil anda digadaikan, atau disewakan lagi ke orang lain dengan tarif lebih mahal dari tarif Anda.

Sistem pemasaran

Beberapa cara yang bisa digunakan pada bisnis sewa mobil adalah :

1. Pasang iklan di media cetak dan elektronik.
2. Membuat website bisnis untuk menjaring pelanggan secara online yang tentu saja cakupannya lebih luas.
3. Berikan servis yang bagus dan memuaskan seperti supir yang ramah dan baik karena ini akan meninggalkan kesan yang baik bagi konsumer.
4. Jujur dan bertanggung jawab, jangan pakai tipu muslihat.
5. Terus belajar soal bisnis sewa mobil dari pesaing Anda.

Selain hal-hal diatas, anda perlu memperhatikan hal sbb :

1. Sistem Manajemen administrasi yang jelas dan lengkap, sehingga data diri para konsumen dapat dilihat dan dilacak bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
2. Bekerjasama dengan bengkel atau montir langganan, untuk memperbaiki ataupun perawatan mobil Anda. Agar memperoleh harga yang lebih murah
3. Jika bisnis Anda telah berkembang, maka tambahlah stok mobil Anda. Anda bisa mencari tambahan modal untuk menambah mobil atau sekedar mengajak teman Anda yang memiliki mobil untuk bekerjasama

Bagaimana, anda tertarik? Silahkan di coba Peluang Usaha Bisnis Sewa Mobil ini. Semoga berhasil …

Comments»

1. Pilkada DKI Jakarta 2012 « whotnu - May 16, 2012

[…] siapapun yang terpilih sebagai Gubernur DKI harus bisa melakukan tindakan nyata untuk mengatasi macet dan banjir. Tidak usah banyak basa-basi, langsung take action tanpa perlu pencitraan berlebih yang […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: