jump to navigation

Info Kuliner | Sejarah & Jenis Sosis May 28, 2012

Posted by whotnu in Kuliner.
Tags: , , , ,
trackback

Anda suka makan sosis? Yah, rasa sosis enak banget dan sering dipakai dalam isi roti (hot dog, sosis roll atau bahkan dibungkus dengan tortilla ), direbus atau sebagai bahan dalam masakan tradisional. Bahkan saat ini ada sosis vegetarian atau biasa disebut sosis vegan yang dibuat dari tahu, kacang dan sayuran.

Sejarah Sosis

Kata sosis berasal dari kata dalam bahasa Latin “Salsus”, artinya diasinkan atau diawetkan. Jaman dahulu, ketika belum diketemukan mesin pendingin, salah satu alternatif cara mengawetkan daging adalah dengan dibuat sosis.

Konon, sosis pertama kali dibuat oleh orang Sumaria (Irak) sekitar tahnun 300SM. Sejarah sosis diketahui dari dokumen Yunani yang ditulis sekitar tahun 500SM. Seiring waktu dan perkembangan jaman, sosis menyebar ke penjuru dunia, dengan pusat negara Jerman. Yah, Sosis bagi warga Jerman termasuk makanan primer dengan lebih dari 1200 macam sosis diproduksi.

Dahulu, ada seorang tukang daging yang mempunyai ide untuk menyatukan daging giling dengan garam dan bumbu dalam suatu selongsong. Kemudian selongsong daging tersebut dimasak dengan cara direbus, diasap atau dikeringkan. Pengasapan menjadi salah satu metode pengawetan yang populer hingga saat ini., bahkan menjadi “rasa khas”.

Jenis Sosis

– Cooked Sausage, dibuat dari daging segar yang dimasak / direbus. Sosis ini biasanya dimakan segera setelah dimasak atau apabila disimpan maka dipanaskan sebelum dimakan. Contoh sosis jenis ini adalah sosis Veal, Braunschweiger.

– Cooked Smoked Sausages, mirip Cooked Sausage, tetapi setelah direbus maka sosis diasap atau diasap baru kemudian direbus. Sosis jenis ini dapat dimakan panas atau dingin, tetapi disimpan dilemari pendingin, Contohnya Wiener, Kielbasa atau Bologna.

– Fresh Sausage, dibuat dari daging yang belum mengalami pelayuan. Sosis jenis ini harus didinginkan dan dimasak sebelum dimakan. Contohnya Fresh Beef sausage

– Fresh Smoke Sausage adalah Fresh Sausage yang diasap. Sosis ini juga harus didinginkan dan dimasak sebelum dimakan. Contohnya Mettwurst.

– Dry sausage, adalah Fresh sausage yang dikeringkan.Sosis jenis ini biasanya dimakan dalam kondisi dingin dan didiamkan dalam jangka waktu lama.

Saat ini sosis banyak diproduksi di beberapa negara, dan dikembangkan dengan ciri khasnya masing-masing. Sosis dibuat dengan daging, bumbu lokal dan dimasak dalam menu masakan tradisional. Jenis sosis terpengaruh bumbu asli daerah serta iklimnya.

Itulah sedikit Info Kuliner | Sejarah & Jenis Sosis

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: